Tempat Membuat Toko Online Gratis Terbaik Untuk Pemula

Tempat Membuat Toko Online Gratis Terbaik Untuk Pemula

– Bahkan jika kalian saat ini tidak memiliki dana atau modal, kalian masih tetap bisa membuat sebuah toko online dengan memanfaatkan platform lain. Cara ini merupakan cara yang tepat dan terbaik untuk seorang pemula, dimana kemampuan pemasaran dan kemampuan modalnya masih pas-pasan.

Saran saya jika kalian baru saja akan terjun ke bisnis online, jangan memikirkan dulu memiliki toko online berdomain, misalnya tokokalian.com, tokokalian.net dan lain sebagainya. Memang terlihat keren dan profesional, tapi mengelolanya itu butuh teknik tingkat lanjutan lho! Untuk mendatangkan pengunjung aja sulit, belum lagi melakukan penjualan.

Lebih baik, kalian memanfaatkan platform lain untuk membuat toko online, cara dan tempat membuat toko online ini tidak hanya cocok dilakukan oleh pemula sebenarnya, pada kenyataannya pemain besar juga masih menggunakan platform gratisan.

Nah, mau tahu tempat membuat toko online gratis terbaik untuk pemula? Berikut ini daftar dan ulasannya:

Tempat Membuat Toko Online Gratis Terbaik Untuk Pemula

MEDIA SOSIAL TERBAIK UNTUK PEMULA

Tempat pertama yang paling ampuh untuk membuat toko online bagi pemula adalah di media sosial, karena di media sosial terdapat cara-cara gratis untuk memasarkan produk kalian. Nah, untuk media sosialnya sendiri saya merekomendasikan berikut ini:

Membuat Toko Online di Instagram

Walaupun media sosial, termasuk juga Instagram itu tujuan sebenarnya untuk berkomunikasi, namun karena perkembangan jaman justru bisa menjadi ladang rejeki. Saat ini, banyak sekali toko online yang menggunakan platform Instagram karena di media sosial satu ini terdapat banyak cara untuk memasarkan produk secara gratis, selain itu jumlah penggunanya juga sudah ratusan juta.

Salah satu cara tersebut dengan memanfaatkan fitur hashtag, dengan fitur ini sebuah produk yang diposting memungkinkan untuk dilihat banyak orang walau followersnya masih sedikit. Selain itu, untuk meningkatkan kunjungan ke profil kalian juga tidak perlu promosi, cukup follow atau like orang lain untuk menarik perhatian mereka. Jika mereka tertarik dengan produk kalian, bukan tidak mungkin mereka akan memfollow.

Untuk memulainya juga sangat mudah, tinggal membuat akun seperti biasa, bisa akun personal atau kaun bisnis, semuanya gratis.

Membuat Toko Online di Facebook

Selain Instagram, media sosial yang sangat potensial adalah Facebook. Jika Instagram lebih cocok jika target pemasarannya kalangan muda, Facebook lebih cocok jika produk kalian ditujukan untuk kalangan yang sudah mapan atau sudah bekerja/dewasa, kebanyakan pengguna Facebook memang orang yang sudah dewasa ketimbang Instagram yang penggunanya kebanyakan kalangan anak muda.

Tidak berbeda pula dengan Instagram, Facebook juga memiliki banyak hal yang bisa dimanfaatkan untuk promosi gratis, selain hashtag juga bisa memanfaatkan forum atau grup terbuka. Dengan adanya forum dan grup yang terbuka dimana semua anggotanya mengizinkan memposting, disitulah kesempatan kalian untuk memposting produk kalian.

Sedangkan untuk membuat toko online di Facebook, kalian bisa menggunakan akun pribadi atau membuat halaman baru. Tapi kalau saran saya, untuk awalan gunakan saja akun pribadi karena lebih mudah menjangkau orang lain, nanti kalau sudah populer baru deh buat halaman toko di Facebook.

MARKETPLACE TERBAIK UNTUK PEMULA

Marketplace adalah sarangnya toko online, di marketplace kalau tidak beli ya jual. Tapi kenapa saya lebih merekomendasikan menggunakan media sosial terlebih dahulu sebagai tempat membuat toko online? Karena di sana persaingannya lebih berat, penggunaan modal untuk promosi juga sering dilakukan oleh toko yang sudah besar, jadi produk kalian akan sedikit sulit terlihat oleh calon pembeli.

Walau demikian, membuat toko online di marketplace patut dilakukan, mereka yang sudah besar dulu juga memulai dari nol. Berikut ini rekomendasi marketplace yang cocok untuk pemula:

buat Toko Online di Tokopedia
Tokopedia adalah marketplace sejuta umat, semuanya bisa membuat toko online di sana dengan mudah, syaratnya pun tidak menyulitkan. Satu fitur yang paling mantap bagi penjual menurut saya adalah adanya fasilitas promosi gratis. Di Tokopedia, setiap sejam sekali kalau tidak salah, kalian diberi kesempatan untuk mempromosikan satu produk secara gratis. Promosi ini akan membuat produk kalian terlihat di halaman awal seperti promosi yang dilakukan oleh toko-toko besar.

Fitur tersebut jelas menguntungkan bagi penjual pemula dimana kemampuan modal kebanyakan masih sangat lemah. Selama kalian rajin memanfaatkan fitur tersebut, kemungkinan produk untuk dilihat sangat besar, dan potensi penjualan pun akan semakin besar pula.

Tips, jika kalian terlalu sibuk karena harus mengurus yang lain, manfaatkan fitur promosi gratis Tokopedia tersebut di waktu-waktu yang sekiranya banyak calon pembeli, misalnya di jam 19.00 sampai 21.00.

Membuat Toko Online di Shopee dan Blibli

Setelah Tokopedia, saya merekomendasikan untuk membuat toko online di Shopee atau di Blibli, kedua marketplace itu menurut saya sama baiknya. Kalau menurut saya pribadi, Shopee lebih dominan atau lebih menggeliat produk fashionnya sehingga banyak kaum hawa yang menggunakan Shopee untuk belanja online. Sedangkan Blibli, lebih dominan barang elektronik. Walaupun tentu saja untuk produk lain masih potensial juga di kedua marketplace tersebut.

Sementara Hindari Membuat Toko Online di Lazada

Ada 2 alasan kenapa saya kurang merekomendasikan Lazada untuk penjual pemula, bukan berarti Lazada itu buruk, hanya saja prioritas dari Lazada mungkin bukan untuk penjual kecil atau pemula, melainkan penjual tingkat menengah dan penjual besar. Alasan tersebut adalah 1. Lazada ada sistem semacam jaminan deposit, jadi saldo penjualan kalian akan mengendap sebesar Rp. 500.000, selama penjualan belum mencapai nilai tersebut maka saldo belum bisa diambil.

Rp. 500.000 tidak terlalu besar memang, tapi untuk penjual pemula yang per penjualannya sangat berharga, hasil sebesar Rp. 500.000 itu sangat berarti lho. 2. Menurut saya Lazada lebih dominan diisi oleh toko online menengah ke atas, jadi kalian akan kesulitan menghadapi persaingan tersebut. Ini mungkin tujuan Lazada untuk menyediakan produk berkualitas, tidak asal murah.


Ingat, ini bukan berarti Lazada buruk, saya pun merekomendasikan kalian menggunakan Lazada jika memang toko online kalian sudah berkembang.

MEMBUAT TOKO ONLINE BERDOMAIN?

Diawal saya sudah merekomendasikan ya untuk jangan dulu membuat toko online berdomain sendiri. Tapi, perlu diakui kalau toko online berdomain memang sangat baik untuk meningkatkan kredibilitas. Dan jika kalian mau, setelah toko online kalian mulai berkembang, kalian bisa membuat toko online berdomain sendiri dengan memakai jasa layanan berikut ini:

Toko online instan:
  • www.domainesia.com
  • www.tokosatu.com
  • www.sirclo.com
  • www.jagoanhosting.com
  • www.neosantara.co.id
  • www.jejualan.com
  • www.aplikasionlineshop.com
Apa toko online instan itu? Maksudnya paket toko online yang sudah jadi, ini sudah termasuk domain, hosting, sistem, dan lain-lain, kalian hanya perlu setting beberapa hal dan memasukkan produk saja. Selain memilih membeli toko online secara instan, kalian pun bisa membeli dan membuat toko online secara manual, menyiapkan domain sendiri, hosting, sistem, layout web, template, dan lain sebagainya dimana membutuhkan kemampuan dan pengalaman yang cukup banyak.

Jika kalian mau membuat toko online secara mandiri, kalian bisa membuat di semua penyedia domain dan hosting, bisa pilih penyedia luar negeri maupun yang lokal. Beberapa diantaranya yaitu:

Lokal:
  • www.rumahweb.com
  • www.indowebhoster.com
  • www.domainesia.com
  • www.hostinger.co.id
  • www.niagahoster.co.id
  • www.dewaweb.com

Luar negeri:
  • www.godaddy.com
  • www.namecheap.com
  • www.bluehost.com
  • www.hostgator.com
  • www.dreamhost.com
----
Oke ya teman-teman, itulah beberapa tempat membuat toko online gratis terbaik untuk pemula. Semoga ulasan di atas bermanfaat dan membantu kalian menemukan tempat yang cocok untuk merintis toko online. Jangan lupa untuk share artikel ini ya, thanks dan salam sukses.

You may like these posts