Kenapa Blog Kampus Bit Terpilih sebagai Blog Bisnis Terbaik No. 1 se-Indonesia

Kampus Bit

Kenapa Blog Kampus Bit Terpilih sebagai Blog Bisnis Terbaik No. 1 se-Indonesia


Anda ingin perjalanan karir atau bisnismu terus tumbuh dengan cemerlang? Salah satu cara yang mungkin harus Anda lakukan : segera mulailah membangun sebuah blog yang kredibel.
Benar. Berdasar pengalaman pribadi sebagai blogger profesional, saya mau mengatakan ini : sebuah blog bisa benar-benar mengubah nasib dan level kemakmuranmu ke arah yang tak disangka-sangka.
Pertanyaannya, bagaimana proses membangun blog yang cemerlang, dan benar-benar bisa memberikan dampak finansial yang mengesankan bagi perjalanan hidupmu?
Kini, setelah lima tahun berlalu, saya terus berusaha untuk memelihara reputasi itu, dengan selalu menghadirkan sajian blog yang renyah dan menginspirasi. Setiap bulan blog ini sekarang sudah dikunjungi oleh 60 ribu unique visitors (unique visitor artinya meski visitor itu bolak balik ke blog ini, tetap dihitung sebagai satu visitor saja).
Pelanggan email blog ini juga sudah menembus angka 30 ribu subscribers. Terima kasih bagi yang sudah berlangganan update blog melalui email.
Kembali ke pertanyaan awal. Kenapa perlu membangun blog demi karir dan bisnis?
Kini eranya digital. Hampir semua head hunters (executive recruiters) melacak kandidat secara online (melalui akun LinkedIn atau Facebook atau Twitter).
Jika Anda punya blog yang maut dalam bidang yang Anda tekuni sebagai karir, maka reputasi Anda akan melesat. And you know what? Dengan mudah, headhunters akan mengenal profil dan reputasi Anda.
Sudah banyak kasus (baik disini atau di luar negeri), dimana para manajer/calon manajer yang punya blog kredibel menjadi lebih sering diburu headhunters dengan tawaran gaji berlipat. Mempunyai blog yang mencerminkan keahlian Anda, akan menjadi jembatan kunci bagi Anda untuk melejitkan karir Anda ke puncak yang lebih tinggi.
Apakah Anda siap ditelpon headhunters dengan tawaran gaji naik dua atu tiga kali lipat? Start your own credible blog NOW.
Bagi pebisnis, blog juga merupapakan marketing tool yang amat powerful. Low budget, high impact. Saya sudah membuktikannya. Melalui blog ini, order bisnis saya alhamdulilah bisa terus mengalir.
Saat saya tanya kepada klien, dari mana Anda tahu saya? Jawabannya selalu : dari blog Anda.
Tanpa saya harus sibuk melakukan cold calling seperti telemarketing yang annoying itu, calon klien justru yang terus email menghubungi saya. Blog yang membuat marketing miracle ini bisa terjadi.
Pertanyaan berikutnya : bagaimana cara membangun blog yang kredibel?
Jawabannya mungkin akan sama dengan jawaban pertanyaan dalam judul tulisan ini : kenapa blog Kampus Bit terpilih sebagai blog bisnis terbaik no 1 se Indonesia?
Ada tiga elemen kunci untuk membangun blog yang wow.
Blog Wow # 1 : Tema yang Spesifik. Kalau Anda bekerja sebagai manajer HRD, buatlah blog tentang HRD. Kalau Anda ahli sedot wc, buatlah blog tentang teknologi sedot WC. Dan kalau Anda jualan batu akik, ya bikinlah blog tentang batu akik – dan jangan cuma marah-marah di blog orang lain 🙂 🙂
Dulu tahun 2007 saat memulai blog ini, saya sudah menetapkan tema blog yang spesifik, yakni tentang strategi bisnis, manajemen, karir dan personal development. Nama domain blog ini juga mencerminkan tema yang mau dikembangkan.
Blog dengan tema spesifik rasanya memang lebih mudah membangun segmen pembaca yang spesifik namun loyal. Mudah-mudahan Anda juga bisa menjadi pembaca blog strategi yang loyal 🙂
Kadang saya merasa kehilangan jika tiba-tiba ada pembaca yang lama tidak lagi muncul. Misal dulu di tahun 2008 rajin komen, namun kok sekarang ndak pernah hadir lagi. I am gonna miss him/her. Sentimentil ya. Iya. Dan disitu kadang saya merasa sedih.
Blog Wow # 2 : Update secara Konsisten. Membangun blog legendaris memang sebuah marathon, bukan sprint. Banyak blogger yang kehilangan endurance dan konsistensi, sehingga update terakhir sudah tiga tahun lalu. Yah bagaimana dong.
Blog ini diupdate tiap Senin pagi, secara ajek. Dengan begitu, pembaca juga mudah-mudahan jadi punya habit yang produktif : oh ya, setiap Senin pagi saya harus buka blog Strategi + Manajemen.
Memang tidak mudah, mengupdate isi blog secara rutin dan konsisten (sekedar info, sejak 2007 blog ini selalu hadir setiap Senin pagi. Belum pernah sekalipun absen sejak 8 tahun lalu).
Kadang-kadang saya sendiri kehabisan ide. Minggu depan mau nulis apa lagi ya. Tapi kadang-kadang juga muncul ilham mendadak. Tulisan tentang batu akik itu contoh ilham yang datang mendadak. Maka saya terkejut, kok bisa jadi viral (btw, artikel itu sampai hari ini sudah dibaca 110 ribu orang).
Blog Wow # 3 : Isinya harus Renyah dan Inspiring. Tema sudah spesifik. Update juga sudah konsisten. Namun kalau isinya abal-abal yang tidak akan banyak dibaca orang.
Maka saya selalu berusaha menghadirkan sajian ilmu-ilmu yang menginspirasi melalui blog ini. Bukan saja isinya harus kuat, namun cara penyampaiannya harus mudah dicerna dan mengalir (konon seorang yang benar-benar ahli itu adalah mereka yang bisa menyampaikan konsep rumit dengan bahasa yang mengalir dan mudah dicerna).
Namun tantangan yang lain adalah isinya harus cukup variatif, biar orang tidak bosan. Makanya blog ini isinya juga diusahakan bervariasi : kadang bicara tentang karir, financial freedom dan uang, kadang tentang motivasi dan kebahagiaan, kadang tentang strategi bisnis dan inovasi, atau sesekali juga membahas tentang libido seksualitas dan batu akik 🙂 🙂
DEMIKIANLAH, tiga elemen kunci untuk mulai membangun blog yang legendaris : tema spesifik namun variatif, di-update secara konsisten, dan isinya selalu bisa memberikan inspirasi.
Start you own blog now. Transform your tomorrow life, today.
https://kampusbit.com

Regards
Kampus Bit

You may like these posts